Journalist Club Sisma

Berdiri, Berlari, Mengejar Informasi

Social Media & Creative Entrepreneurship


“Media sosial dapat membantu perusahaan terkoneksi dengan customer, mitra bisnis, dan karyawan perusahaan. Media sosial  menghapus batas informasi, sehingga aset dan kalangan expert bisa berkolaborasi. Media sosial juga mempercepat arus informasi sehingga perusahaan bisa dengan mudah mengetahui apa yang sedang terjadi dan apa yang harus segera dilakukan.” kata Brill, seorang Director dan Product Line Management IBM Worlwide.

Apa itu Social Media? Dan apa pula Creative Entrepreneurship itu? Tentu banyak pertanyaan yang ada dibenak Anda. Namun, sebelumnya, mari kita perjelas makna dari dua kata tersebut. Pertama, menurut wikipedia, Social Media (Media Sosial) adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Kedua, Creative Entrepreneurship merupakan sebuah istilah turunan dari kewirausahaan. Gabungan dari dua kata, creative yang artinya memiliki daya cipta, dan entrepreneurship yang artinya kewirausahaan. Pengertian sederhana dari Creative Entrepreneur adalah seseorang yang memiliki kemampuan untuk menciptakan dan didukung oleh entrepreneurship guna mengembangkan kewirausahaannya. (Sastrawan,2012).

Social media dan creativite entrepreneurship merupakan dua hal yang tak dapat dipisahkan. Mengapa demikian? Karena pengaruh dari media sosial sangat besar terhadap usaha yang sedang kita kembangkan. Jika kita sedang memulai usaha kecil, media sosial memberikan peran besar terhadap usaha kita. Dari media sosial kita dapat membangun brand dari usaha yang sedang kita rintis. Brand image bukan saja menjadi sekedar identitas bagi konsumen, melainkan menjadi equitas (brand equity), yang bisa dinilai dengan mata uang dan bisa diperjual belikan, karena dari citra yang dimiliki, pelaku usaha akan mendapatkan keuntungan dalam bentuk pola dan perilaku konsumsi dari pelanggannya. Oleh karena itu, untuk mengembangkan wirausaha yang kreatif, media online dapat diperhitungkan sebagai alat bantu untuk mempromosikan usaha kita.

Media sosial dapat dijadikan alternatif media promosi dalam mengembangkan usaha kita. Dengan promosi online, pelaku bisnis dapat memasarkan produknya tanpa terbatas jarak dan waktu. Media sosial kini dipakai sebagai media bertemunya antara penjual dan pembeli. Dengan begitu, tentu akan meningkatkan daya jual dan mengurangi anggaran untuk promosi. Selain harganya yang relatif murah, juga didukung dengan akses cepat dan tepat. Cepat berarti, kita tak perlu membuat iklan untuk disebar ke berbagai media cetak. Tepat artinya, konsumen sudah mencari produk kita melalui internet. Sehingga ketika mereka melihat produk kita, tentu mereka akan langsung tertarik dan membeli produk kita.

Pemanfaatan media online memang menjadi pilihan tepat bagi para pelaku usaha untuk mengembangkan bisnis yang dijalankannya. Mudahnya akses internet saat ini, besarnya manfaat yang didapatkan, serta murahnya biaya yang dibutuhkan menjadi alasan utama bagi para pelaku usaha sebelum akhirnya mereka memilih media online sebagai solusi tepat untuk memperluas jangkauan bisnisnya. Tentunya dengan banyaknya keuntungan yang didapat, media online kini menjadi pilihan utama dalam mengembangkan bisnis yang sedang kita tekuni.

Lalu, bagaimana cara mempromosikan usaha kita melalui media online? Banyak pertanyaan tentu ada dibenak Anda. Namun, bersabarlah. Saya akan jelaskan bagaimana media online dapat menumbuh kembangkan usaha Anda. Pertama, manfaatkan jejaring sosial seperti, facebook, twitter, dan lain sebagainya sebagai media untuk melakukan interaksi antar pelanggan atau konsumen. Kedua, gunakan Youtube sebagai media promosi yang interaktif karena dapat meng-upload video. Tentu Anda harus membuat video yang menarik terlebih dahulu. Ketiga, buatlah sebuah Blog. Blog disini berfungsi sebagai toko Anda yang buka 24 jam. Jika sudah Anda laksanakan, mari kita lihat bagaimana pemanfaatan dari semua media online yang sudah saya jelaskan tadi.

Pemanfaatan Facebook sebagai media promosi. Facebook akan mempercepat proses penjualan. Ya, memang demikian, facebook akan mempercepat proses penjualan karena beberapa alasan diantaranya adalah kecenderungan orang membeli dari orang yang dikenal, dari rekomendasi teman dan dari orang yang dipercaya akan lebih tinggi. Ingat, Facebook bukan untuk bisnis namun facebook bisa digunakan sebagai media promosi. Orang yang bergabung di facebook 99% adalah untuk bersosialisasi atau berteman. Jadi, jangan sekali-kali langsung melakukan promosi di facebook karena bisa-bisa account Anda malah dihapus. Berteman dulu kemudian lakukan promosi secara bertahap.  

Facebook sangat menguntungkan untuk media promosi. Selain mampu dimanfaatkan sebagai sebuah jaringan bisnis maya untuk memasarkan produk yang dimiliki, kebanyakan pengguna facebook merupakan orang-orang dengan kapasitas ekonomi yang cukup lumayan, sebab salah satu sektor yang paling banyak menggunakan facebook adalah karyawan kantoran yang notabene memiliki kebutuhan yang beragam. Facebook juga digunakan sebagai sarana untuk customer support karena sifatnya yang populer dan sering di akses orang. Melalui jeraring sosial ini, konsumen dapat menanyakan produk, mulai dari harga serta kualitas dari barang yang kita jual. Oleh karena itu, berpromosi online melalui facebook sangat menguntungkan.

Pemanfaatan Twitter sebagai media promosi. Sebagaimana aktivitas promosi lainnya, promosi melalui twitter harus secara bertahap. Pelaku usaha tidak boleh langsung mempromosikan usahanya kepada orang yang baru dikenal. Bersosialisasilah dahulu, lalu mulailah Anda mengenalkan bisnis yang sedang Anda jalani. Jika ada mention atau reply yang Anda diterima, jika relevan dan memang perlu ditanggapi, sebaiknya dibalas. Dengan memberikan tanggapan terhadapat setiap penanya, kita secara tidak langsung dapat bersosialisasi dengan konsumen guna meningkatkan brand image dari produk yang kita jual. Twitter memang media pemasaran yang interaktif, dan karena hal tersebut, sangat berharga dalam setiap hal yang kita lakukan demi kemajuan kewirausahaan kita.

Twitter, promosi online yang menguntungkan. Dengan twitter kita dapat menginformasikan produk yang kita jual. Twitter juga digunakan untu mengetahui apa yang pelanggan pikirkan mengenai produk kita sehingga dapat dijadikan masukan dan pembaharuan yang bisa segera diadaptasikan dalam penjualan selanjutnya. Selain itu, konsumen dapat dengan mudah menghubungi Customer Support dan untuk perusahaan dapat mengetahui apa yang konsumen inginkan. Asiknya lagi, komunikasi yang terjalin akan menjadi dua arah. Hal ini merupakan nilai tambah, karena konsumen akan merasa lebih dihargai.

Pemanfaatan Blog sebagai media promosi. Dengan menulis di Blog, kita dapat mempromosikan produk yang ingin kita jual dalam bentuk tulisan. Selain tulisan, kita juga dapat menampilkan foto atau gambar produk kita. Tak hanya itu, dengan menulis di Blog, orang yang membaca tulisan kita akan lebih mengenal kita secara personal maupun impersonal. Pada tulisan kita di Blog, sudah disediakan kolom untuk berkomentar. Jadi, kalau ada konsumen yang ingin bertanya tentang produk kita, kita dapat langsung menjawabnya. Tentu dengan pelayanan ini, konsumen akan menjadi puas dan tertarik untuk membeli produk yang kita jual.

Promosi melalui Blog sangat bermanfaat. Dari segi kewirausahaan. Blog dapat menciptakan pasar yang kompetitif, sehingga usaha kecil yang kita rintis dapat tumbuh dan berkembang menjadi perusahaan yang besar. Melalui blog, kita dapat memperluas jaringan pemasaran. Sebuah perusahaan dapat memasarkan produk atau jasa tanpa menggunakan teknik tradisional seperti menyebarkan, brosur, surat, dan iklan disurat kabar. Hal ini dapat menekan anggaran promosi usaha yang sedang kita jalani. Nah, manfaat yang terpenting adalah blog dapat digunakan sebagai toko dunia maya kita. Toko ini dapat buka 24 jam dan dapat diakses oleh siapapun, dimana pun. Sehingga, konsumen tidak perlu mengunjungi toko kita secara langsung untuk mengetahui barang yang diinginkan oleh calon pembeli kita.

Pemanfaatan YouTube sebagai media promosi. Melalui situs YouTube para pelaku usaha dapat meng-upload video untuk mengenalkan produknya kepada masyarakat luas. Video-video yang dibuat umumnya berformat .flv. Video ini dapat diputar di berbagai web yang memiliki plugin Flash Player, jadi video kita tidak hanya dipromosikan di pasar lokal saja, namun juga bisa ditonton dan diunduh oleh seluruh pengguna internet dari berbagai negara. Cara inilah yang sering dilakukan sebagian besar pelaku bisnis online untuk memasarkan produk digital maupun jasa yang mereka tawarkan. Karena selain gratis, masih banyak lagi keuntungan lainnya yang didapatkan para pelaku bisnis ketika mereka berpromosi melalui YouTube.

Dengan memanfaatkan YouTube sebagai media pemasaran, pelaku bisnis banyak mendapatkan keuntungan, diantaranya. Melalui YouTube, kita juga dapat berinteraksi langsung dengan para konsumen melalui kolom komentar yang ada di bawah video. Sehingga pelaku bisnis dapat menjawab semua pertanyaan maupun respon dari para konsumen yang tertarik dengan penawaran tersebut.

Nah, semoga informasi diatas memberikan manfaat bagi para pembaca dan memberikan sedikit gambaran bagi para pelaku usaha yang belum memanfaatkan media online secara optimal. Peran media online bagi perkembangan usaha kita sangatlah besar. Oleh karena itu, mulailah sekarang juga agar usaha yang sedang kita jalani bertambah besar dan bisa sukses dikemudian hari. Salam sukses! (Yudha Surya Pradipta)

Iklan

April 15, 2012 - Posted by | Artikel |

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: