Journalist Club Sisma

Berdiri, Berlari, Mengejar Informasi

Asyik! Wisata Bahari di Pulau Samalona


Menikmati keindahan biota bawah laut di Pulau Samalona, dijamin akan melepas segala jenis kepenatan. Ada banyak ikan-ikan laut yang cantik dan terumbu karang berwarna-warni, yang siap menemani Anda saat menyelam.

Pulau Samalona merupakan salah satu obyek wisata bahari di Sulawesi Selatan. Pasirnya yang putih dan airnya yang jernih menjadikan pulau ini cocok untuk berjemur. Selain itu, kawasan pulau ini sangat bagus untuk menyelam (diving), karena dikelilingi oleh keanekaragaman flora dan fauna yang memukau.

Pagi hari, saat saya sampai di Pulau Samalona, saya tak sabar untuk cepat-cepat menyelam. Kata teman saya, menyelam disini bisa bikin lupa daratan. Saya pun semakin tak sabar. Bergegas saya membayar administrasi dan memakai perlengkapan untuk menyelam. Benar saja, ketika saya sudah menyelam, saya melihat ikan-ikan berenang kesana-kemari bermain di antara terumbu-terumbu karang di laut, saya pun kehabisan kata-kata untuk mengekspresikannya.

Coba saja Anda bayangkan. Di dalam air di laut lepas yang berwarna biru, garis-garis cahaya matahari terlihat jelas menyusup masuk ke dalam air. Ikan dengan berbagai corak warna bermain-main menyelinap keluar masuk terumbu karang, seakan menggoda kita untuk ikut bermain. Suasana hening dan tenang, hanya terdengar deru napas yang teratur. Inilah yang saya rasakan saat diving bersama teman saya. Membuat saya jadi lupa daratan.

Saya pun berenang, sesekali mengejar sekumpulan ikan untuk diikuti dan melihat ritmenya. Seketika saya merasa takjub sekaligus merasa lemah. Lemah karena kesunyian dalam laut memecah hiruk pikuk rutinitas saya. Yang ada saat itu hanya saya, Tuhan dan ikan-ikan yang mungkin dalam hidupnya baru pertama kali melihat manusia.

Setelah asik bermain bersama ikan dan menikmati indahnya bawah laut. Saya pun beristirahat sejenak. Sambil menikmati sinar matahari pagi, ditemani segelas teh, saya melakukan sedikit review tentang objek wisata pulau Samalona. Saya memberikan masukan demi pengembangan dan promosi agar wisatawan lokal maupun asing tertarik mengunjungi objek wisata ini.

Pengembangan Objek Wisata Pulau Samalona

Pulau Samalona cukup berpotensi untuk dapat dikembangkan sebagai objek wisata unggulan di Sulawesi Selatan. Saya meninjaunya dari segi fasilitas, sumber daya manusia, dan aksesibilitas.

Dari segi fasilitas. Sebaiknya pada objek wisata ini ditambah sarana bermain untuk anak-anak dan ruang istirahat atau tempat berteduh. Sebab, anak-anak cenderung memiliki rasa ingin tahu yang besar dengan laut. Agar keselamatan anak tetap terjaga, sebaiknya dibuatkan tempat bermain bagi mereka. Tempat berteduh juga ditambah. Jika hujan datang, wisatawan lokal yang tidak menginap dihotel tentu akan kehujanan. Oleh sebab itu, pemerintah wajib memberikan tempat berteduh yang layak bagi wisatawan. Saya juga mengharapkan adanya hotspot pada objek wisata ini. Kebanyakan wisatawan luar negeri berkomunikasi dengan email pada keluarga atau saudaranya. Penambahan hotspot bisa menjadi alternatif hiburan untuk wisatawan yang sedang menikmati liburannya di pulau ini.

Ditinjau dari segi sumber daya manusia. Pengetahuan tentang pariwisata penduduk pulau Samalona masih sangat terbatas. Dengan mengadakan berbagai macam pelatihan, workshop, seminar yang mendukung kegiatan turisme (misalnya kursus bahasa, kursus manajemen pariwisata, dan lain-lain), mengadakan pertunjukan-pertunjukan kebudayaan lokal yang dapat dijual kepada wisatawan yang datang dapat meningkatkan softskill yang mereka punya. Dengan meningkatkan softskill penduduk lokal, saya pikir dapat menjadikan aset masa depan di pulau ini. Sebab, dengan bantuan mereka, pengembangan pulau Samalona akan terwujud. Oleh karena itu, pengembangan sumber daya manusia wajib dilaksanakan oleh pemerintah daerah karena dengan peningkatan softskill penduduk lokal, dapat meningkatkan nilai jual pada objek wisat ini.

Dari segi aksesibilitas. Pembangunan jembatan akan mempermudah aksesibilitas dan tentu akan memangkas waktu tempuh wisatawan menuju Pulau Samalona. Kemudahan aksesibilitas dan waktu tempuh menuju kawasan objek wisata menjadi pertimbangan utama wisatawan dalam menentukan objek wisata yang akan dikunjungi. Oleh karena itu, agar wisatawan semakin ramai berkunjung ke tempat ini, pemerintah daerah harus membangun jembatan guna mempersingkat waktu tempuh ke objek wisata ini.

Untuk pengembangan objek wisata ini, diharapkan adanya inovasi sehingga wisatawan tertarik dan merasa tidak bosan terhadap fasilitas wisata yang ditawarkan sebelumnya. Selain itu, dalam pengembangannya diharapkan dapat melibatkan investor swasta, masyarakat dan instansi lain yang terkait dalam pengembangan obyek wisata ini.

Promosi Objek Wisata Pulau Samalona

Promosi objek wisata pulau Samalona dapat dilakukan dengan mengadakan suatu festival atau event-event tertentu. Misalnya menggelar ajang kompetisi seperti lomba serta membuat suatu wisata kuliner yang berpusat di pulau Samalona. Tentu wisatawan lokal maupun asing akan tertarik untuk mengikuti event tersebut. Sehingga, selain memperkenalkan objek wisata Pulau Samalona, hal ini juga menambah pendapatan masyarakat sekitar.

Menampilan atraksi seni budaya di pulau Salamona. Misalnya menampilkan drama, musik daerah, dan seni tradisional lainnya. Selain sebagai upaya peletarian seni dan budaya, kesenian ini juga digunakan untuk menarik wisatawan agar berkunjung ke pulau ini. Jika pertunjukkan sudah diminati wisatawan, tentu lokasi yang dikunjungi juga akan terkenal karena atraksi seni budaya yang ditampilkan sangat bagus. Ada dua hal yang dapat kita pelajari. Pertama, upaya melestarikan seni budaya khas daerah sulawesi selatan. Kedua, kita secara tidak langsung mempromosikan objek wisata ini kepada masyarakat lokal maupun asing.

Mengadakan pameran dan seminar secara rutin. Pameran yang dilakukan bisa tentang kebudayaan, lukisan, dan seminar atau workshop tentang pariwisata. Sasaran dari pameran terebut adalah masyarakat lokal maupun investor. Peserta diberikan pengetahuan tentang cara meningkatkan potensi yang dimiliki pulau Samalona. Setelah itu, peserta langsung mendapatkan praktek yang nantinya dapat menjadi softskill bagi pengembangan objek wisata ini.Tujuan dari pameran dan seminar tersebut adalah untuk mempromosikan potensi wisata pulau Salamona.

Melakukan aksi peduli lingkungan di pulau Salamona. Dengan melakukan kegiatan penghijauan dan pelestarian terumbu karang di pulau Salamona, tentu dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan dan masyarakat lokal. Penghijauan ini dapat dilakukan dengan menanam pohon bakau serta melakukan pembersihan dikawasan pulau Salamona. Selain itu, pelestarian terumbu karang serta habitatnya merupakan bentuk sosialisasi terhadap wisatawan dan masyarakat lokal. Ada dua hal yang dapat kita pelajari. Yaitu upaya pelestarian ekosistem alam dan mengenal lebih dalam ekosistem tersebut (edukasi).

Membuat Video Dokumentasi. Sebagaimana kita ketahui Youtube merupakan salah satu media sosial yang dapat digunakan sebagai sarana promosi. Dengan membuat video dokumentasi tentang pulau Samalona, wisatawan yang belum mengenal keindahan pulau tersebut akan mengetahui melalui video yang kita buat. Sehingga nantinya para wisatawan akan tertarik untuk mengunjungi langsung pulau Samalona ini. (Yudha Surya Pradipta)

Iklan

Maret 29, 2012 - Posted by | Artikel |

4 Komentar »

  1. be a winner bro…
    salam blogger
    http://www.sajakantigalau.wordpress.com

    Komentar oleh mr.f | April 1, 2012 | Balas

  2. sekedar info aja buat yang baca website ini,,, Bagi yang wisatawan asing ataupun pribumi yang belum pernah ke pulau samalona atau ingin ke pulau lain yang ada di makassar, anda bisa menghubungi saya!!!! dan yang ingin DIVING or FISHING and rent a BOAT.

    for information to people in read this website, and for all tourism or tourism in my country!!! maybe you never see or come to in samalona island or many island in this province of south sulawesi and if you wanna DIVING or FISHING and BOAT TRAVEL, you can called me… and i can help you to to go around the island.

    TOMS DIVE CENTER AND BOAT TRAVEL
    Jl.pasar ikan Dermaga Kayu Bangkoa
    Office :
    Anton Samalona (Owner)
    Contact Person : 085398818908
    Facebook : Anton Samalona
    My Blog : antonsamalona.blogspot.com
    email : antonsamalona@gmail.com

    Equipment Scuba Diving
    Rental Boat Tipe LONG BOAT
    FISHING
    Vacancy in Samalona Island, Kayangan, Keke, Kapoposang, Lumu-Lumu, ect.
    thank you….

    Komentar oleh anton samalona | Juni 23, 2012 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: