Journalist Club Sisma

Berdiri, Berlari, Mengejar Informasi

Belajar via Internet? Solusi Cerdas Eksis Dunia Maya


Tiap detik lebih berarti dan tiap menit lebih bermakna, itulah pegangan hidupku untuk jadi lebih baik di tahun 2012.

Tahun lalu merupakan tahun penuh perjuangan bagiku. Setelah menghadapai ujian nasional, aku belajar dengan rajin demi mewujudkan impianku untuk kuliah di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN). Seluruh upaya telah aku keluarkan. Mulai dari membeli buku, hingga mengikuti bimbingan belajar (bimbel) jarak jauh melalui internet.

Bulan demi bulan berlalu. Setiap hari aku belajar demi mewujudkan impianku. Schedule tersusun dengan rapi. Tiap minggu aku juga rutin mengikuti bimbel online jarak jauh dari suatu lembaga pendidikan di Jakarta. Aku pelajari dengan baik soal dan materi yang diberikan dari bimbel tersebut. Kini tinggal beberapa bulan lagi sebelum USM STAN dibuka. Aku makin semangat belajar dengan internet karena selain menambah wawasan, kita juga dapat unjuk kebolehan (eksis) dengan peserta lainnya.

Hari yang ku tunggu datang juga. Pendaftaran STAN pun dibuka. Aku dengan sigap mendaftar. Pada waktu itu pendaftaran dilakukan via online. Aku yang memiliki keterbatasan dalam koneksi internet akhirnya memutuskan untuk pergi ke warnet dekat rumah. Perjalanan cukup jauh dengan berjalan kaki. Kini selangkah lagi menuju kampus impian. Perlahan aku menghidupkan komputer lalu membuka internet untuk mendaftar online. Hanya dalam hitungan menit, pendaftaran pun selesai.

Tepat tanggal 21 agustus Ujian Saringan Masuk STAN dimulai. Pagi-pagi setelah usai melakukan persembahyangan, aku berangkat menuju tempat ujian. Tak lupa aku meminta doa dari kedua orangtuaku melalui handphone karena mereka sedang berada diluar kota. Kini perjuanganku selama berbulan-bulan diuji hari ini. Aku sudah menerima dengan ikhlas apapun hasil yang akan ku terima. Semua soal aku jawab dengan penuh keyakinan. Pengetahuan yang aku dapat dari buku dan bimbingan jarak jauh melalui internet aku keluarkan.

Sebulan kemudian, pengumuman kelulusan STAN dibuka. Dengan perasaan deg-degan aku membuka situs resmi STAN, kemudian aku mendownload pengumuman tersebut. Amat sangat menyakitkan karena namaku tidak ada disalah satu peserta yang lolos ujian. Kini harapanku tinggal kenangan, namun perjuanganku belum berakhir sampai disini.

Pada bulan desember 2011, aku mulai mengembangkan sebuah website yang aku beri nama Fokus STAN. Media belajar calon anak STAN. Dengan website ini, para calon mahasiswa dapat berdiskusi tentang soal dan pembahasan serta prediksi yang akan keluar pada tahun 2012. Fokus STAN juga memberikan informasi terbaru seputar pendaftaran USM STAN 2012 dan motivasi agar calon mahasiswa tetap semangat belajar, guna mewujudkan impiannya.

Try Out Online. Selain untuk menguji kemampuan peserta USM STAN. Try out juga berguna untuk unjuk kebolehan (eksis) di dunia maya. Peserta Try Out dapat belajar bersama untuk menghadapi USM yang sebenarnya. Dengan simulasi ini, peserta dapat memantapkan ilmu yang telah didapatnya. Hasil dari simulasi, peserta dapat mengukur kemampuannya dengan peserta lain, sehingga menjadi motivasi bagi diri sendiri untuk terus belajar dan belajar.

Bimbel Online. Melalui bimbel ini, peserta akan mendapat ilmu pengetahuan berupa soal STAN gratis dan materi bahasa inggris grammar. Selain memperoleh ilmu, peserta juga dapat menambah teman, tentunya yang mempunyai tujuan yang sama, kuliah di STAN. Belajar via Internet sungguh sangat menyenangkan. Kita dapat meluangkan waktu kita di Internet dengan belajar. Tentunya akan sangat bermanfaat. Selain bisa menambah wawasan. Melalui jejaring sosial seperti facebook, twiter, dapat membuat kita eksis di dunia maya, tentunya eksis yang bermanfaat.

Melalui Internet, kita dapat memperoleh wawasan yang luas. Belajar, bermain, dan mencari informasi tentang edukasi menjadi pilihan utama dalam ber-Internet. Bermain Internet secara sehat, tidak hanya main tanpa pornografi. Lebih dari itu, internet sehat adalah bagaimana supaya aktivitas kita di Internet dapat memberi manfaat yang sebesar-besarnya bagi kita dan orang lain. Bermain Internet tanpa manfaat yang nyata sama dengan membuang waktu percuma. Oleh karena itu, belajar via Internet merupakan solusi cerdas eksis dunia maya. (Yudha Surya Pradipta)

Iklan

Februari 1, 2012 - Posted by | Artikel | ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: