Journalist Club Sisma

Berdiri, Berlari, Mengejar Informasi

Blogger Sehat, Konten Bermanfaat


Internet sehat bukan hanya bermakna main internet tanpa pornografi. Lebih dari itu, internet sehat adalah bagaimana supaya aktivitas kita di internet dapat memberi manfaat yang sebesar-besarnya bagi kita dan orang lain. Bermain internet tanpa manfaat yang nyata sama dengan membuang waktu percuma.

Arumbai, sebagai Komunitas Blogger Maluku merupakan salah satu wadah para blogger yang anggotanya masyarakat Maluku maupun orang lain yang memiliki ikatan emosial dengan Maluku. Sejak berdiri tanggal 4 April 2009, Arumbai kini telah memiliki anggota kurang lebih 27 anggota. Tidak hanya aktif di dunia maya, Arumbai Blogger kerap melakukan pertemuan atau kumpul bersama sebagai ajang saling mengenal antara satu blogger dengan blogger lainnya.

Sepanjang tahun 2011, Arumbai sebagai komunitas telah banyak melakukan kegiatan IT, sosialisasi serta peliputan seputar wilayah Maluku. Tidak hanya melakukan kegiatan yang berhubungan dengan IT, Arumbai juga kerap melakukan bakti sosial dan beberapa acara amal lainnya.

Di bidang teknologi, Arumbai sudah banyak berkontribusi, baik dalam dunia online maupun offline. Ada pun kegiatan yang sudah terlaksana antara lain; seminar, nonton bareng film dokumenter, lomba blog dan tweet. Arumbai Blogger juga melakukan kegiatan AkberAmbon Goes to Campus yang sasarannya adalah para mahasiswa. kegiatan ini berupa sosialisasi tentang social media, peranan blog dalam gerakan sosial, dan pengenalan tentang Internet Sehat.

Pada bulan September 2011, Arumbai Blogger bersama komunitas lainnya melakukan bakti sosial. Sumbangan berupa buku dan bahan makanan kepada pengungsi Mardika. Ini wujud kepedulian dari masyarakat Maluku terhadap anak-anak korban ricuh Ambon.

Melalui sebuah komunitas, kita dapat bersosialisasi akan dampak positif dan negatif dari sebuah internet. Internet bagaikan dua sisi uang logam, disatu sisi dapat memberikan manfaat, disisi lain dapat menjerumuskan kita kepada prilaku negatif. Oleh karena itu, perlunya sosialisasi internet tentang konten yang bermanfaat dapat membuat masyarakat lebih berprestasi dan menambah ilmu pengetahuan.

Tidak hanya kepada orang dewasa, anak-anak juga seharusnya diperkenalkan tentang internet. Sudah banyak sekolah di Indonesia yang mengajarkan anak didiknya untuk mencari tugas secara online dan mencari soal latihan. Belajar dari internet sungguh sangat menyenangkan, sebagai contoh anak-anak bisa belajar kimia dari situs www.chem4kids.com dengan penjelasan yang sangat mudah dan menarik. Dalam menghadapi UN untuk siswa SD, SMP, dan SMA, siswa juga dapat mencari soal latihan dari situs http://banksoal.web.id/. Dengan ini tentunya siswa lebih memantapkan ilmu pengetahuan yang telah didapatnya. (Yudha Surya Pradipta)

Iklan

Januari 12, 2012 - Posted by | Artikel | , ,

1 Komentar »

  1. bagus gan.. semoga. sukses..

    Komentar oleh dewamahardika | Januari 13, 2012 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: