Journalist Club Sisma

Berdiri, Berlari, Mengejar Informasi

Steve Cran, Green Warrior dari Negeri Kangguru


Merupakan salah satu kesempatan yang langka tim Programa7 dapat mewawancarai secara langsung salah satu ahli permakultur yang didatangkan langsung dari Australia dan merupakan jebolan dari Urganda dan Ethiopia, Steve Cran. Bertempat di salah satu seminar yang dihadiri oleh Steve Cran sebagai narasumbernya, beliau begitu ramah dalam berbincang dengan kami. Berikut petikan wawancaranya.

P7 : Bisa ceritakan lebih lengkap mengenai profil anda?

Steve : Baik, nama saya Steve Cran dari Australia. Seorang ahli permaculture atau ilmu mengenai tumbuhan yang telah bekerja di beberapa daerah Asia, Afrika, sampai Kutub Selatan

P7 : Apa itu program Green warrior yang selama ini anda jalankan?

Steve : gerakan ini berawal dari kisah satu orang yang menginginkan apa yang dulu ada di dunia ini bisa kembali seperti semula, tapi tidak tahu apa yang harus dilakukan. Maka dari itu saya mempelajari permakultur. Green warrior ini membentuk seorang Greener Warrior dimana mengajak orang untuk melakukan perubahan, melakukan aksi tanpa teori. Greener warrior ini harus terus mempunyai 1 program lingkungan yang selanjutnya menjadi 2 program, selanjutnya 4 program, dan seterusnya dan membuat surge hijau untuk dunia.

P7 : apa yang memotivasi anda untuk melakukan kegiatan ini?

Steve : berawal dari pemikiran saya mengenai agama. Di dunia ini banyak sekali agama, tetapi banyak agama yang sudah melupakan alam sebagai karunia dari Tuha. Dunia sudah mulai tua. Selama ini kita hidup dari alam. Alam yang memberi kita makan, tempat tinggal, segalanya. Kita tidak boleh hanya berdiam diri dan tidak bekerja untuk alam sementara alam selalu memberikan segalanya untuk kita.

P7 : di Indonesia, gerakan ini sudah anda lakukan dimana saja?

Steve : untuk di Indonesia, pertama kali saya lakukan di Timor-timur, lalu ke Aceh dan ke Bali.

P7 : lalu bagaimana hasil yang anda dapatkan?

Steve : masih tergolong sederhana. Generasi muda masih biasa saja. Harusnya generasi muda itu berkata pada dirinya, “hei ! inilah bahan masa depanmu. Dari sekarang buat masa depanmu jadi baik”

P7 : yang terakhir, apa harapan anda ke depannya? Khususnya untuk Bali ini?

Steve : saya ingin orang Bali kembali ke system pertanian, perkebunan, dan system kehidupannya di masa lalu. System masa lalu tersebut merupakan system yang sudah sangat baik. Kembalilah ke system masa lalu untuk masa depan. Semoga nantinya Bali menjadi benar-benar Bali. Baiklah, Steve yang bukan warga asli Bali saja menginginkan Bali menjadi benar-benar Bali, bagaimana dengan kamu karma Bali asli? siap untuk menjadi green warrior asal Bali dan menjadikan Bali menjadi benar-benar Bali? Ayo semangat ! 😀

Iklan

Desember 20, 2011 - Posted by | Wawancara | , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: