Journalist Club Sisma

Berdiri, Berlari, Mengejar Informasi

Penampilan Itu, Cerminan Intelektual?


sidakMasa remaja adalah masa yang penuh dengan gejolak. Di usia muda, remaja memiliki energi yang sedang menggebu-gebu, untuk itu perlu diberikan ruang kebebasan untuk berekspresi sebagai transformasi energinya. Bebas bukan berati tak terkendali. Nah, kali ini kami mengangkat opini tentang style remaja…

Berpenampilan menarik merupakan salah satu penunjang kepercayan diri selain kemampuan. Para guru di sekolah selalu mencanangkan displin, entah itu disiplin waktu, tanggung jawab ataupun cara berpakaian. Peraturan tersebut sering kali membuat murid itu menghindari guru-gurunya alias bermain petak umpet jika mereka melanggar peraturan.

Sekarang kita akan membahas masalah style anak sekolahan. Well, banyak kita lihat anak sekolahan yang memakai pakaian yang dianggap tidak baik oleh orang tua jaman sekarang. Karena jaman sekarang dengan jaman dulu amatlah berbeda. Jaman sekarang, banyak anak-anak sekolah yang memakai rok sekolah yang pendek, baju yang dikecilkan, dan celana panjang yang diciutkan. Hal itu sangat berbeda dengan cara berpakaian orang jaman dulu.

Hal itu menjadi momok atau masalah sekolah yang harus selalu memantau murid-muridnya agar tetap mematuhi peraturan yang berlaku di sekolah.

Nah…. Bagaimana dengan murid pintar tapi berpenampilan kurang sopan atau tidak sesuai dengan peraturan sekolah ???? Apakah cara berfikir kita hanya bisa dinilai dari cara berpakaian saja ??? “Menurut saya, dibandingkan mencerminkan otak, cara berpakaian kita lebih mencerminkan attitude dan karakter kita seperti apa” ujar Gea, salah satu siswi SMAN 7 Denpasar.

Tak dapat dipungkiri lagi, perkembangan jaman memang membawa dampak positif dan negative. Namun, apakah salah jika murid yang pintar mengikuti trend jaman sekarang? “Nggak salah , menurut ku itu point plus buat murid tersebut. Murid pinter dan bisa mengikuti trend, jarang-jarang ada murid seperti itu. Murid seperti itu biasanya punya sikap yang terbuka dan cerdas bersosialisasi dengan trend dunia global”, jelas Yunita, salah satu murid teladan SMA Negeri 7 Denpasar.

Banyaknya siswa dan siswi yang tak mentaati peraturan, sudah sewajarnya menjadi tanggung jawab sekolah untuk mendidik serta mendisiplinkan muridnya dalam hal berpenampilan. Banyak hal yang perlu diperhatikan lagi, sehingga untuk kedepannya, setiap siswa memiliki prinsip dan berpendirian teguh, serta tahu dengan jelas apa tujuan ia bersekolah.

Well..itulah style jaman sekarang memang berbeda dengan style anak sekolahan dulu. Jarang ada anak sekolah jaman sekarang yang mengancingkan bajunya sampai dikerah. Mau tak mau orang tua jaman sekarang harus bisa memahami gaya anak-anak jaman sekarang. Karena itulah jaman yang selalu berkembang. Dan selalu berubah dari waktu ke waktu. (Yudha, Dayu)

Desember 15, 2011 - Posted by | Opini | , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: