Journalist Club Sisma

Berdiri, Berlari, Mengejar Informasi

Penerjang Gelombang dari Sepeken


NelayanPewawancara: selamat pagi pak, kami dari unit kegiatan mahasiswa visi universitas pendidikan ganesha, ingin sedikit berbincang-bincang dengan bapak selaku nahkoda kapal”Jawa Indah”. Untuk lebih akrabnya saya Ayu Kusuma, terlebih dahulu mengetahui identitas pribadi bapak seperti nama, tempat tgl lahir, alamat.

Narasumber : nama saya Ruslan, tempat tgl lahir Sumenep 12 Oktober 1965 dan alamat saya Sepeken Jawa Timur.

Pewawancar: jenis ikan apa sajakah yang bapak bawa dari sepeken Jawa timur dan berapa banyak ikan yang bapak bawa?

Narasumber: jenis ikan yang saya bawa bermacam-macam mulai dari ikan lokal dan ikan ekspor, jumlah ikan yang saya berkisar 8 sampai 10 ton.

Pewawancara: berapa lama waktu yang harus bapak tempuh dari Sepeken Jawa Timur menuju Singaraja   tepatnya di tempat pendaratan ikan ini?

Narasumber: waktu yang saya perlukan kira-kira 10 jam, tergantung dari keadaan cuaca dan gelombang laut saat berlayar.

Pewawancara:adakah aturan-aturan khusus yang harus bapak taati ketika membawa ikan ketempat pangkalan pendaratan ikan ini?

Narasumber: ada beberapa aturan yang harus di taati yaitu membawa ikan yang memang diperbolehkan dan tidak membawa ikan yang dilarang sepaerti ikan Sumay, harus membawa perlengkapan berupa surat-surat kapal dan ijin berlayar.

Pewawancara: setiap berapa hari bapak membawa ikan ke PPI dan apakah keahlian bapak menahkodai kapal bapak dapat melalui jalur pendidikan?

Narasumber: saya membawa ikan ke PPI setiap 2 hari sekali, dan keahlian saya menahkodai kapal saya saya dapat dari pengalaman sebagai nelayan.

Pewawancara: selama bapak menjadi nahkoda kapal, hal apakah yang paling bapak senangi, dan adakah hal-hal yang tidak bapak inginkan terjadi dan bagaimana cara bapak atau trik apa yang bapak lakukan untuk mengatasi hambatan tersebut?

Narasumber: yang paling saya senangi adalah bisa melayani kebutuhan masyarakat, dan hal yang buruk pernah terjadi yaitu kapal tenggelam tahun 2010, semenjak saat itu saya menjadi lebih berhati-hati dan lebih mencoba untuk mengenal laut.

Pewawancara: terima kasih atas kesempatan yang bapak berikan kepada saya untuk memenuhi tugas jurnalistik.

Desember 6, 2011 - Posted by | Wawancara | , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

