Journalist Club Sisma

Berdiri, Berlari, Mengejar Informasi

PANGKALAN PENDARATAN IKAN “Sumber Daya Laut ku”


KapalIndonesia adalah Negara yang beruntung karena memiliki banyak kekayaan alam salah satunya adalah laut atau bahari. Setiap pulau di Indonesia di kelilingi oleh hamparan laut, lengkap dengan keeksotisannya. Sebut saja pulau Bali yang mempunyai begitu banyak wilayah laut salah satunya adalah pesisir pantai yang terdapat di desa Sangsit, kabupaten Buleleng selain mempunyai pemandangan yang mampu memanjakan mata pengunjung juga sebagai tempat aktivitas ekonomi masyarakat sekitar. Pesisir pantai ini dijadikan pangkalan pendaratan ikan yang resmi oleh pemkab Buleleng. Setiap hari tempat ini dijadikan tempat bersandar dan membongkar muatan oleh kapal-kapal ikan dari beberapa provinsi di Indonesia. Salah satu kapal yang sering membongkar muatannya di PPI adalah kapal dari Jawa Timur. Sekitar 8 ton ikan di turunkan disini yang selanjutnya akan di distribusikan ke Denpasar. Ikan-ikan yang dibawa oleh kapal dari luar pulau  adalah ikan segar, yang langsung di pack tanpa menggunakan bahan-bahan kimia.

Dalam aturannya tidak semua ikan dapat dibawa atau dibongkar di pangkalan pendaratan ikan desa Sangsit ini, ada beberapa jenis ikan yang dilindungi. Jika ada kapal yang bermuatan ikan yang dilarang maka akan ditindak dengan sangsi yang tegas oleh petugas pangkalan pendaratan ikan. Selain sangsi untuk kapal yang nakal membawa jenis ikan yang dilarang, sangsi tegas juga diberikan pada nahkoda kapal yang tidak mau mematuhi peraturan seperti membawa surat-surat kelengkapan kapal dan surat ijin menahkodai kapal. Setiap kapal yang akan membawa ikan ke pangkalan pendaratan ikan, juga harus mematuhi prosedur-prosedur lain yang sudah di tetapkan guna untuk menunjang keamanan dan kenyamanan dari pihak pemilik kapal maupun petugas pangkalan pendaratan ikan.

Selain, sebagai tempat pendaratan ikan laut ini juga menjadi nafas masyarakat Sangsit, karena hampir semua masyrakat yang tinggal di pesisir pantai menekuni profesi sebagai nelayan. Hal ini sudah menjadi profesi masyarakat sejak dulu. Masyarakat di sekitar pangkalan pendaratan ikan sangat bersyukur dengan adanya pangkalan pendaratan ikan karena dapat  menunjang penghasilan mereka sebagai nelayan dengan menjadi buruh bongkar muatan ikan saat cuaca sedang tidak mendukung untuk mereka melaut.

Iklan

Desember 5, 2011 - Posted by | Berita Utama | , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: