Journalist Club Sisma

Berdiri, Berlari, Mengejar Informasi

Menggali Kreativitas untuk Jurnalis


Kreativitas merupakan salah satu elemen penting dalam kerja di bidang jurnalistik. Tidak hanya terkait bagaimana mengembangkan dan melanjutkan agenda pemberitaan tetapi juga untuk memperkaya laporan dari lapangan. Dengan kebiasaan menciptakan sesuatu yang kreatif maka laporan akan menjadi lebih menyeluruh, mendalam dan menarik.

Banyak sekali jalan untuk memupuk kreativitas. Sebuah artikel di Suara Merdeka Online bisa memperkaya langkah-langkah menjadikan diri kreatif termasuk dalam peliputan media massa.

Saya kutipkan sebagian besar dari tulisan mengenai bagaimana menciptakan kreatifitas itu:

Capturing. Jangan biarkan ide lewat begitu saja di depan Anda. Mengandalkan memori saja untuk mencatat nukilan-nukilan ide yang mampir di kepala Anda, rasanya tak mungkin. Catatlah ide-ide yang muncul mendadak itu di dalam ponsel, notes, atau pada media apapun yang bisa ditulis. Siapkan juga alat pencatat atau perekam di samping Anda, karena seringkali ide-ide brilian muncul sesaat sebelum atau sesudah Anda terlelap. Agar terbantu mendapatkan ide-ide segar, usahakan untuk meluangkan waktu khusus di pagi hari untuk mencari ide. Namun dimanapun dan kapanpun, ide pasti berada di sekitar Anda.

Surrounding
. Lingkungan di sekitar Anda adalah lahan tempat berkumpulnya ide-ide kreatif. Anda hanya perlu berinteraksi dengan lingkungan, mendalami pikiran dan menajamkan isnting Anda. Banyaklah bergaul dengan orang-orang dari latar belakang, kepribadian serta minat yang jauh berbeda dengan Anda. Jika perlu, ubah tata letak perabot di rumah Anda, ciptakan suasana yang segar dan tidak monoton, ini akan membantu pikiran Anda tetap dinamis sehingga ide bisa muncul kapan saja Anda mau.

Challenging.
Bersikap lebih keras pada diri sendiri terkadang harus Anda lakukan untuk melecutkan ide dan kreativitas yang menyumpal otak. Cobalah untuk menyelesaikan permasalahan sulit, maka Anda akan tertantang untuk mengeluarkan ide-ide brilian yang selama ini tidak terpikirkan oleh Anda.

Ini mungkin gila, tapi patut dicoba. Cobalah berjalan di kota yang belum pernah Anda kunjungi sebelumnya, biarkan Anda tersesat. Rasa penasaran untuk menemukan jalan pulang inilah yang memunculkan jawaban. Bagian tersulit yang Anda hadapi saat memecahkan suatu permasalahan inilah yang akan merangsang syaraf otak untuk terus menerus bekerja melecutkan ide.

Broadening. Seseorang yang kreatif pastinya memiliki wawasan yang luas. Karena itu jangan pernah bosan untuk terus mempelajari hal-hal baru yang mungkin sama sekali tidak bersentuhan dengan dunia Anda. Membaca banyak buku, majalah atau menonton film dokumenter dan berselancar untuk menjelajahi situs-situs pengetahuan populer juga bisa Anda lakukan. Sempatkan juga untuk mencari ilmu di perpusatakaan, galeri seni, pertunjukan teater, museum, seminar, pameran buku, acara bedah buku atau acara publik lainnya. ( http://www.journalist-adventure.com/ )

Agustus 13, 2010 - Posted by | Artikel, Jurnalistik | , , ,

2 Komentar »

  1. nice info Gan..
    sangat bermanfaat..

    salam sobat NTG..!!!

    Komentar oleh Alan | November 12, 2011 | Balas

    • makasiii..
      okee, ditunggu yah kunjungan dari kami😀

      Komentar oleh programa tujuh | November 29, 2011 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: