Journalist Club Sisma

Berdiri, Berlari, Mengejar Informasi

Kebiasaan Buruk Waktu Menulis


Tulis menulis adalah kegiatan yang teramat menarik. Ini dibuktikan dengan banyaknya kreator, mulai dari kreator tulisan yang berbau sastra, karya ilmiah, berita, sampai komentar-komentar yang sederhana.

Media yang digunakanpun saat ini telah berkembang tidak hanya kertas, surat kabar, dunia maya pun adalah guduangnya segala macam tulisan. Sekarangpun, yang sedang anda baca tulisan juga bukan?

Nah, berikut adalah kendala yang dialami ketika kita menulis :
1. Kebanyakan dari kita sebagai kreator, masih mengandalkan suasana hati sebagai satu-satunya sumber inspirasi dari tulisan kita. Padahal yang namanya inspirasi atau ide bisa kita gali dan bisa kita latih supaya bisa terus dan tetap mengalir.

2. Setelah sudah terfokus kepada pola pikir yang pertama tadi (mengandalkan suasana hati) maka secara otomatis tulisan kita akan berpola pada tulisan yang bersifat senang, sedih, marah, atau apapun yang pada saat itu ada di hati kita.

3. Kebanyakan dari kita masih melulu menunggu datangnya inspirasi atau datangnya ide. Hal ini akan berakibat katika ide tersebut belum datang maka kita belum manulis, atau ketika inspirasi tersebut belum mulai memenuhi otak kita maka tangan kita belum mulai bergerak untuk menulis. Jika demikian, kapan kita akan mulai menulis?

4. Kadang tulisan orang lain juga dapat memunculkan ide di dalam otak kita, maka untuk tetap terus merangsang otak kita supaya ide tetap ada, jangan malas-malas untuk membaca tulisan orang lain. Tulisan yang kita baca juga dapat memberikan referensi untuk tulisan kita nanti.
Kebanyakan dari kita masih punya keinginan untuk malas membaca. Untuk itu tanam kebiasaan MEMBACA MULAI SAAT INI JUGA.

5. Sekarang teknologi sudah semakin canggih, banyak fitur-fitur atau alat-alat yang dapat mendukung kreatifitas kita dalam menulis. Untuk itu supaya kendala manulis kita menjadi berkurang, pelajarilah teknologi yang ada (HP / blackberry, komputer, laptop, atau komunikator).
Jika kita belum bisa memenuhi fasilitas tersebut, minimal kita tahu seluk beluk dan teori alat-alat tersebut.

6. Jika kita masih menggunakan pulpen dan kertas, untuk lebih mendukung dan melancarkan proses menulis kita, lakukanlah kebiasaan berikut :
menulis-itu-mudah
a. Cari posisi duduk yang tepat / nyaman ketika kita menulis. Tujuannya adalah ketahanan tubuh kita agar kita bisa betah berlama-lama menulis. Hindari menulis dengan posisi tiduran karena akan berakibat tubuh dan mata kita cepat lelah.
b. Pastikan jarak mata dengan kertas senyaman mungkin, jarak normal minimal 30 cm. Tujuannya adalah ketahanan mata kita agar bisa lebih berlama-lama menulis jarak ini juga dapat mencegah kelelahan mata kita agar tidak berlebih, juga dapat mencegah terjadinya gangguan pada mata (mata plus / minus).
c. Ada sebagian orang yang memerlukan kegiatan lain yang dapat memunculkan / melancarkan ide kita sembari menulis, misal dengan sambil mendengarkan musik atau dengan ngemil / makan makanan kecil / snack, jika anda salah satunya, maka lakukanlah. Jika bukan, pastikan konsentrasi anda hanya pada kegiatan menulis anda.
Jika kita sudah menggunakan PC / komputer / laptop / komunikator untuk lebih mendukung dan melancarkan proses menulis kita, lakukan juga kebiasaan yang sama.

7. Untuk bisa mendapatkan ide / inspirasi dan referensi lebih, kita harus rajin membaca, jika kita termasuk golongan orang yang kurang suka membaca, untuk mendapatkan ide / inspirasi / referensi lebih kita juga dapat melakukan kegiatan lain yang lebih menantang dan menarik.

Observasi adalah salah satu cara untuk mendapatkan ide / inspirasi / referensi lebih untuk tulisan kita. Contoh : Ketika kita ingin menulis tentang pengemis, kita bisa melakukan observasi terhadap pengemis tersebut sebelum kemudian kita menulis tentang pengemis. Bisa dengan cara kita amati dari jauh (bertanya / mendapatkan data dari orang lain), dari dekat (dengan pendekatan persuasif, wawancara langsung dengan pengemis tersebut), atau bisa dengan kita terjun dan berperan langsung menjadi seorang pengemis supaya kita dapat mengetahui langsung seluk beluk pengemis. Menantang bukan?

8. Jika kita sudah mendapatkan ide / bahan tulisan, yang harus kita lakukan adalah LANGSUNG MENULIS, karena kemampuan otak kita terbatas, jika tidak bisa-bisa ide tersebut hilang. Hal yang paling tepat dilakukan adalah membiasakan diri kita selalu membawa NOTES BOOK / buku kecil yang mudah dibawa dan jangan lupa ALAT TULIS.

Yang jelas tanpa kita membiasakan diri untuk menulis maka kemampuan menulis kita tidak akan terasah.
SELAMAT MENCOBA dan SEMOGA BERMANFAAT.

Iklan

Mei 9, 2010 - Posted by | Artikel, Jurnalistik | , , ,

2 Komentar »

  1. tips infoY, menulis memang bisa bikin ringan kepala, semuanya serasa tumpah di tulisan
    fianblog.wordpress.com

    Komentar oleh fianblog | Desember 21, 2010 | Balas

    • yoaa, dengan tulisan kita bisa menuangkan segala perasaan dan aspirasi.

      Komentar oleh programa tujuh | Desember 5, 2011 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: