Journalist Club Sisma

Berdiri, Berlari, Mengejar Informasi

Ayo Menulis !!


ayo menulis

“Berbicara itu mudah, memang. Dan, menulis itu gampang. Hanya, membuat tulisan yang berjiwa atau memiliki roh, itu perlu sentuhan. Sentuhan rasa dan hati” dengan mengutip ungkapan dari salah satu penulis bernama I Wayan Ananta Wijaya.

Menulis adalah potensi yang dimiliki oleh siapa pun. Siapa pun bisa menulis asalkan memiliki komitmen dan tekat yang kuat. Hal yang sama juga dipaparkan oleh Drs.I Made Rena Atmaja, selaku Pembina jurnalistik SMAN 7 Denpasar. “Menulis adalah suatu kebiasaan, kita dituntut untuk lebih sering membaca, karena dari membaca kita dapat mengetahui tulisan-tulisan yang baik”

“Tulisan yang baik adalah tulisan yang mampu menghipnotis pembacanya agar mau mengikuti apa yang ada dalam pikiran kita” Jelasnya. Memang, dalam membuat sebuah tulisan seseorang harus melalui berbagai tahapan proses terlebih dahulu. Diantara proses-proses itu ialah kesetiaan dirinya untuk terus menggali potensi diri, mendalami berbagai teknik pengembangan tulisan serta terus meningkatkan ilmu pengetahuan.

Untuk belajar menulis caranya sangat mudah. Tuliskanlah apa saja yang pernah terlintas di kepala kita. Setiap ide yang muncul harus segera ditangkap. Tak jadi soal tulisan itu tidak selesai dalam satu kali hentakan. Tapi setidaknya akan menjadi tabungan berlimpah manakala suatu saat kita mentok dan menemukannya kembali dalam kertas yang berceceran sebagai harta karun yang paling berharga.

Perluaslah wawasan, karena jika wawasan kita luas, menulis akan terasa gampang. Bagaimana bisa sebuah botol mengisi gelas dengan air, jika botol itu sendiri kosong?. Jadi, jika kita ingin menulis, jadilah pembaca yang baik terlebih dahulu.

Jadikanlah menulis itu kebutuhan pokok yang harus kita penuhi. Memang, awalnya akan terasa susah, namun semakin sering kita menulis. Tulisan kita akan menjadi lebih baik. Bacalah buku, koran, majalah, atau apa pun yang bisa kita baca. Jangan pelit untuk membeli sebuah buku atau majalah. Tunjukan bahwa kita serius ingin menjadi penulis.

Di jaman sekarang ini, setiap orang bebas menuliskan apa yang mereka inginkan. Mulailah belajar menulis dengan hal-hal yang kita sukai. Gunakan penamu dan goreskanlah dalam sebuah kertas. Ayo menulis !! (yudha.programa7)

Iklan

Maret 25, 2010 - Posted by | Artikel, Jurnalistik | , , , ,

175 Komentar »

  1. mohon KRITIK dan SARANnya yah.. supaya tulisan ini menjadi lbh baik, makasi yg udh baca, smoga tulisan ini bermamfaat..

    Komentar oleh programatujuh | Maret 25, 2010 | Balas

  2. Tulisan ini sudah sangat bagus. Aku bingung mau mengkritik yang mana. Salam, kawan

    Komentar oleh DavidKhoirul.com | Maret 25, 2010 | Balas

    • salam juga kawan.. hanya ini yg kita bisa buat.. smangat ya.

      Komentar oleh programatujuh | Maret 26, 2010 | Balas

  3. Menulis ternyata cara belajar paling baik ya. Mantab

    Komentar oleh Rusman R. Manik | Maret 25, 2010 | Balas

    • iya mas, teruslah menulis, smakin lama tulisan kita pasti akan lebih baik.

      Komentar oleh programatujuh | Maret 26, 2010 | Balas

  4. kata Sukarno pada Pramodya Ananta Toer, “menulis adalah bagian dari nation character building”.
    kata Pramodya Ananta Toer pada Dunia, “menulis adalah bekerja untuk keabadian, banyak orang pintar namun jika tidak menulis ia akan hilang dari sejarah”
    kata CEO kepada Ni Luh, “happy an eternal nation charcater building” 😀
    and you’re pinged…

    Komentar oleh CEO | Maret 26, 2010 | Balas

    • wah, trimakasi atas penjelasannya..

      kata Pramodya Ananta Toer pada Dunia, “menulis adalah apa ???

      Komentar oleh programatujuh | Maret 26, 2010 | Balas

  5. menulis adalah bekerja untuk keabadian…:)

    Komentar oleh CEO | Maret 26, 2010 | Balas

    • owh.. bgtu.. trima kasih atas informasiny yah.

      Komentar oleh programatujuh | Maret 27, 2010 | Balas

  6. ini tulisan bagus teman , terus berkarya teman

    Komentar oleh dint tenk | Maret 26, 2010 | Balas

  7. anda sudah memiliki ruh jurnalis,tulisan yang bagus ane suka karena membuat ane termotipasi disanalah kekuatan tulisan anda itu.
    sementara ane hanya sekedar hobi,
    salam kenal dan salam blogger.

    Komentar oleh abiqoulan | Maret 26, 2010 | Balas

    • trimakasih..
      salam blogger juga ,hehehe

      Komentar oleh programatujuh | Maret 26, 2010 | Balas

  8. salam
    Verba volant scripta manent (by: Ciao Titus)

    nice post…

    Komentar oleh hajar_ibn | Maret 26, 2010 | Balas

    • salam juga,..
      semoga tulisannya bermamfaat..

      Komentar oleh programatujuh | Maret 26, 2010 | Balas

  9. ayoo tetap semangat untuk produktif menulis!

    Komentar oleh gadisjeruk | Maret 26, 2010 | Balas

    • iya, semangat, karena dengan semangat ,kita bisa menciptakan sesuatu yg mungkin menurut org mustahil.. oke

      Komentar oleh programatujuh | Maret 26, 2010 | Balas

  10. tulisan yangfiksi atau nonfiksi, entah kenapa di dalamnya mengalir jiwa penulisnya, roh dari pikiran perasaan yang diluapkan oleh pembuatnya. entah suasan marah, senang, sedih, mendidik, nasehat semua mengalir dibawah tulisan. mengalun di bawah kertas. pandanng dengan ahati, bukan mata. karena hati seperti energi kuantum yang menangkap energi. mata menangkap materi foton dan warna hitam putih. tapi hati merasakannya, menggenggamnya dan mengikutinya. makanya orang bisa terhipnotis waktu membaca.
    coba, kenapa orang bisa membaca sambil berjalan?

    Komentar oleh wahyu nurudin | Maret 26, 2010 | Balas

    • karena saat kita membaca.. kita menggunakan hati kita?? btul tidak ??

      Komentar oleh programatujuh | Maret 26, 2010 | Balas

  11. Juga kebiasaan membaca akan memperkaya kosa kata dan pendefinisian makna-makna dalam menulis dan akan menjurus pada pembentukan ide-ide.

    Membaca dan menulis adalah perpaduan yang sangat serasi untuk menerbitkan suatu pemikiran baru yang bisa di tebarkan dan bermanfaat bagi orang lain.

    Sukses buat Anda.

    Komentar oleh albahar | Maret 26, 2010 | Balas

    • ya , sama2.. sukses juga buat blog anda ..

      Komentar oleh programatujuh | April 13, 2010 | Balas

  12. Mengesankan…sebagai newbie di dunia blog membuatku semakin semangat untuk terus maju, dan anda adalah salah satunya yang harus saya jadikan referensi. salam bagi semua ….

    Komentar oleh firmansyahpandawalima5 | Maret 26, 2010 | Balas

    • trimakasi.. semangat bwt anda.. truslah berkarya..

      Komentar oleh programatujuh | Maret 26, 2010 | Balas

  13. ayo menulis !!!! 😀

    Komentar oleh shafiragreensulaiman | Maret 27, 2010 | Balas

    • ayoookkkkk … semangat … !! 😀

      Komentar oleh programatujuh | Maret 27, 2010 | Balas

  14. bingung mau mneg-kritik yg mana. Karena tulisannya bagus banget…

    Komentar oleh diah meiyanti | Maret 27, 2010 | Balas

    • trimakasi.. cukup dengan berkunjung saja kalau begitu .. hehe..
      semoga tulisannya bermamfaat.

      Komentar oleh programatujuh | Maret 28, 2010 | Balas

  15. Tulisannya sangat menarik, mudah2an bermanfaat bagi yang membacanya

    Komentar oleh pusatbokep90 | Maret 27, 2010 | Balas

  16. inspiratif,,
    lanjutkan… !!!hehe…

    Komentar oleh tamanilalang | Maret 27, 2010 | Balas

  17. Salam Blogger. Nice Blog. Keep writing!
    Kunjungi saya juga di :
    http://hanumrachmawati.wordpress.com
    http://susukedelaimurni.wordpress.com

    Komentar oleh hanumrachmawati | Maret 27, 2010 | Balas

  18. Saya juga tidak pernah belajar menulis secara formal, tapi saya biasanya memperhatikan pesan yang akan kita sampaikan.. tulisannya sudah bagus..

    Komentar oleh mycorner | Maret 27, 2010 | Balas

    • trimakasih.. kpn2 maen ksini lagi yah. 😀

      Komentar oleh programatujuh | Maret 28, 2010 | Balas

  19. Boleh menulis untuk kemajuan bangsa bukan untuk mengintimidasi bangsa ini. semangat. bagus juga tulisan saudara.

    Komentar oleh intaikopenal | Maret 27, 2010 | Balas

    • trimakasi, semoga bermamfaat bagi anda dan kita semua ..:D

      Komentar oleh programatujuh | Maret 28, 2010 | Balas

  20. saya senang membaca tapi nggak pandai menulis. Semoga blok anda bisa lebih memintarkan saya, Trims

    Komentar oleh yusronrock | Maret 27, 2010 | Balas

    • hahaa.. menulis itu sebuah kebiasaan, sering2lah menulis.. lama klamaan pasti bagus tulisannya ..:D

      Komentar oleh programatujuh | Maret 28, 2010 | Balas

  21. Semangat muda dan dewasa….mungkin itu yang tertangkap begitu saja dari dalam pikiran ini….

    truslah berkarya..untuk perkembangan bangsa ini. sedikit ataupun setitik ilmu atau wawasan yang kita berikan akan sangat berharga untuk s’mua…

    tulisan bagus haruslah membawa unsur-unsur pembelajaran tuk s’mua hal…
    kritiknya/saranlah…rangkaian kalimat yang kamu buat bagus , tapi bagaimana kalau isinya lebih tentang mendorong kecintaan kita terhadap nusantara, akan sangat cocok sekali dengan gaya bahasa yang kamu punya.
    Mungkin itu sekedar masukan yach….

    salam blogger (。♥‿♥。)….Ƹ̵̡Ӝ̵̨̄Ʒ__̴ı̴̴̡̡̡ ̡͌l̡̡̡ ̡͌l̡*̡̡ ̴̡ı̴̴̡ ̡̡͡|̲̲̲͡͡͡ ̲▫̲͡ ̲̲̲͡͡π̲̲͡͡ ̲̲͡▫̲̲͡͡ ̲|̡̡̡ ̡ ̴̡ı̴̡̡ ̡͌l̡̡̡̡.__Ƹ̵̡Ӝ̵̨̄Ʒ˙

    Komentar oleh cahpare | Maret 27, 2010 | Balas

    • trimakasih atas sarannya yah.. semoga kami dapat memperbaikinya pada tulisan2 mendatang..
      semoga tulisan ini bermamfaat untuk anda 😀

      Komentar oleh programatujuh | Maret 28, 2010 | Balas

  22. Mengkritik?
    Hehe, bukan sensi, tapi saya yang merasa terkritik, karena memang rasanya lama sekali saya tidak posting yang ‘tulisan sendiri’.

    Trims inspirasinya, semoga saya bisa segera menulis lagi, karena memang sangat banyak yang ingin saya tulis.

    Salam blogger

    Komentar oleh M. 'Arief B. | Maret 27, 2010 | Balas

    • hehehe..
      semoga nnti anda bisa menghasilkan karya yg lebih baik.. ayo menulis !! 😀

      Komentar oleh programatujuh | Maret 28, 2010 | Balas

  23. AYO MENULIS!!
    Hehe. . .artikel yg bagus kawan. . . Q harap teman2 yg lain mw mengunjungi blog q jga http://www.f4dhli.co.cc

    Komentar oleh FaDhLi | Maret 28, 2010 | Balas

    • AYoo Menulis .. !!
      mksi ya atas kunjungannya .. 😀

      Komentar oleh programatujuh | Maret 28, 2010 | Balas

  24. Menulis itu candu, tidak menulis jadi ketagihan hehehe

    Komentar oleh Anisa Jati | Maret 28, 2010 | Balas

  25. yap menulis membuat kita berani menuangkan apa yang ada di dalam pikiran kita yang mungkin tdk dapat diverbalkan, so keep writing, keep blogging :D, nice blog

    Komentar oleh ernidw | Maret 28, 2010 | Balas

    • thx 4 your support..
      semoga tulisannya bermamfaat yah..
      salam knal 😀

      Komentar oleh programatujuh | Maret 29, 2010 | Balas

  26. wah . . . tulisan Anda bisa menjadi penyemangat saya untuk menulis nih, meski kemampuan saya juga belum seberapa.

    Terima kasih

    Komentar oleh dianjuni | Maret 29, 2010 | Balas

    • yooo.. semangat ya , tanpa semangat dan kerja keras, kita tak akan bisa ..
      makasi juga udh bekunjung 😀

      Komentar oleh programatujuh | Maret 30, 2010 | Balas

  27. wah . . . tulisan Anda bisa menjadi penyemangat saya untuk terus menulis nih, meski kemampuan saya juga belum seberapa.

    Terima kasih

    Komentar oleh dianjuni | Maret 29, 2010 | Balas

    • yupz.. makasi juga udh mau berkunjung dan berkomentar .. hehe 😀

      Komentar oleh programatujuh | Mei 11, 2010 | Balas

  28. Wah lumayan bagus kawan. Di dalamnya tersirat motivasi.

    Komentar oleh harlandwinchester | Maret 29, 2010 | Balas

    • semoga bermamfaat ya mas.. trus semangat untuk menulis.. 😀

      Komentar oleh programatujuh | Maret 30, 2010 | Balas

  29. MARI MENULIS JUGA BROO…

    SALAM KENAL…

    KUNJUNGAN BALIK YA….

    http://firtstest.wordpress.com/

    Komentar oleh men999 | Maret 30, 2010 | Balas

  30. yuukk..semangat trs gan…
    hebat..hebat..

    Komentar oleh bagusrengga | Maret 30, 2010 | Balas

    • yoyoi.. semangat is numero uno.. hhe 😀

      Komentar oleh programatujuh | Maret 31, 2010 | Balas

  31. Nice blog. Tulisan yang bermakna.. Salam kenal ya…

    Komentar oleh meelasugandi | Maret 31, 2010 | Balas

    • salam knal juga .. thx ya sudah berkunjung ksini 😀

      Komentar oleh programatujuh | Maret 31, 2010 | Balas

  32. Tulis yang anda kerjakan dan kerjakan yang anda tulis

    Komentar oleh JAWAD BAHONAR | Maret 31, 2010 | Balas

    • oke2.. sipp..
      makasi ya atas kunjungannya .. 😀

      Komentar oleh programatujuh | Maret 31, 2010 | Balas

  33. AYO MENULIS….!!! Tulisan yang bagus. menurut saya, menulis juga bisa jadi media untuk terapi stress.

    Komentar oleh Thomas | Maret 31, 2010 | Balas

    • ayo menulis kawand… 😀
      yah , klo bgtu rajin2 aja nulis biar ga stres.. hehe 😀

      Komentar oleh programatujuh | Maret 31, 2010 | Balas

  34. kunjungan balik…
    benar adanya, bagi kami perawat pun menulis menjadi kebiasaan sehari-hari, tulisan tersebut memiliki cerita tersendiri yang akan berbeda-beda di setiap pasien yang kami temui, dan tulisan itu menjadi sebuah potret dokumentasi yang amat berharga bagi kami dan ilmu keperawatan.,
    kembali dari segi keperawatan (berhubung saya perawat hehe..)
    menulis atau pendokumentasian menjadi hal yang penting, selain dari segi praktek/tintakan, kami biasa menulis dokumentasi setiap pasien dengan beberapa tahap penulisan, mulai dari pengkajian yang hanya menggunakan catatan kecil, analisa data dan perumusan rencana intervensi sampai evaluasi tidak lepas dari proses dokumentasi/menulis sampai tulisannya di rekam medik..

    ——-==Best regards==——–
    http://andaners.wordpress.com

    Komentar oleh andaners | Maret 31, 2010 | Balas

  35. Berbicara itu mudah, memang. Dan, menulis itu gampang. –> mendingan gini aja –> Berbicara dan menulis itu memang gampang –> gimana?

    Komentar oleh ananta | April 1, 2010 | Balas

    • ok2.. nanti kita akan perbaikin.. trimakasi atas kritik dan sarannya .. 😀

      Komentar oleh programatujuh | April 1, 2010 | Balas

  36. wiw..
    info bagus bro..
    menulis menurut q emang sedikit lebih baik dari membaca.. karena d menulis kita dapat mengetahui lebih detil isi tulisan kita…

    thanks atas kunjungannya bro..
    salam.. 😀

    Komentar oleh Hilmy Khoiri | April 1, 2010 | Balas

    • iya, karena itu membaca dan menulis saling berhubungan .. hehe 😀

      Komentar oleh programatujuh | April 1, 2010 | Balas

  37. nice postingan temand..

    salam blogger..

    Komentar oleh gangga | April 3, 2010 | Balas

  38. salam kenal

    Komentar oleh panmedical | April 3, 2010 | Balas

  39. tongkrongin http://masroi3rd-r021b.blogspot.com

    Komentar oleh rojhieb | April 3, 2010 | Balas

    • ok2.. ntar nongkrong dah dsana.. wkakwkakwa..

      Komentar oleh programatujuh | April 4, 2010 | Balas

  40. Salam Blogger.
    Tulisanmu mantap, kawan..
    jadi terinspirasi untuk menulis! Tapi memang sulit ya untuk menulis.
    Kasih masukan donk?
    Don’t Forget! Kunjungi Bloggerku juga ya.
    ahmadrestu-tkj.blogspot.com

    OK…!

    Komentar oleh ahmadrestu | April 5, 2010 | Balas

    • oke, ntar kita kunjungi blog anda .. 😀

      Komentar oleh programatujuh | April 6, 2010 | Balas

  41. kalau saya asal nulis saja, mas, selebihnya tergantung penilaian pembaca. saya juga masih fokus pada tujuan: asal pembaca paham apa yang saya maksudkan.

    Komentar oleh Eko Deto | April 5, 2010 | Balas

    • sipp.. intinya ,bagaimana agar pembaca mengetahui mksud dan tujuan dari tulisan kita .. 😀

      Komentar oleh programatujuh | April 6, 2010 | Balas

  42. saya dulu juga kesulitan kalau mau nulis,, tp sekarang akrena hobby ngeblog akhirnya sering menulis dan sudah bisa menulis..

    Komentar oleh tomi | April 6, 2010 | Balas

    • wah.. bagus tuh.. skrng sudah jadi kebiasaan ya mas.. 😀

      Komentar oleh programatujuh | April 6, 2010 | Balas

  43. Tulisan bgus teman. Kunjungi balik. Ada artikel bagus teman ‘dapet dolar 1 minggu’ segera daftarkan diri anda dgn cara buka artikel terkait dan klik ‘kunjungilah situs ini’ beritahu juga sesama bloger ya. Trims.

    Komentar oleh Randy Harland Prastianto | April 6, 2010 | Balas

  44. Menulis bisa mengurangi stress…di mana stress bisa disalurkan ke dalam tulisan. Dan lebih bermanfaat. Salam,.

    Komentar oleh Thomas | April 7, 2010 | Balas

    • betul itu ,, biar ga stres, mari kita menulis .. !

      Komentar oleh programatujuh | Mei 11, 2010 | Balas

  45. Tulisan baguzzz……!
    Terima kasih atas kunjungannya ke blogku.
    Sering-sering kasih masukan dan saran untuk meningkatkan kemampuan nulisku agar bisa seperti anda.

    Salam kenal

    Komentar oleh gunawank | April 7, 2010 | Balas

    • ok2.. pasti itu, karena berbagi itu indah .. ^^

      salam knal balik yah .

      Komentar oleh programatujuh | Mei 11, 2010 | Balas

  46. Tulisan baguzzz. Sekadar membrtahu bagi kawan yg ingin dapat dolar gampang kok. Cara tinggal kunjungi blogku dan disitu tnggal daftar. Sudah terbukti legal loh. Jgn lupa yach kasih tau kesesama bloger lain. Trims

    Komentar oleh Randy Harland Prastianto | April 9, 2010 | Balas

    • ok2.. nanti kita mampir kesan .. 😀

      Komentar oleh programatujuh | April 13, 2010 | Balas

  47. Tulisan baguzzz. Sekadar membrtahu bagi kawan yg ingin dapat dolar gampang kok. Cara tinggal kunjungi blogku dan disitu tinggal daftar diartikel awal. Sudah terbukti legal loh. Jgn lupa yach kasih tau kesesama bloger lain. Trims

    Komentar oleh Randy Harland Prastianto | April 9, 2010 | Balas

  48. Ditulisan ‘Ayo Menulis’ saya sebgai pembaca merasa terinspirasi. Dalam penulisannya menggunakan+bahasa sehari2 jadi mengesankan tidak bosan dan penggunaan diksi yg tepat dapat menambah pemahaman pembaca tentamg isi artikel itu sendiri. Dalam paragraf terakhr sy jadi teringat tentang motto sy ‘jika ingin melakukan sesuatu, rencanakan tuliskan, dan lakukan apa yg telah dituliskan. Begitu sj masukan dari sy.

    Komentar oleh Randy Harland Prastianto | April 9, 2010 | Balas

    • oke2.. trimakasih atas masukannya.. semoga kedepannya tulisan2 kami akan lebih bagus .. salam blogger 😀

      Komentar oleh programatujuh | April 13, 2010 | Balas

  49. AYO MENULIS .. !!

    kirimkan komentar anda , kritik atau saran , supaya tulisan ini menjadi lebih baik..

    thx..

    Komentar oleh programatujuh | April 21, 2010 | Balas

  50. ayo menulis,, saya jadi semangat menulis nih.. !

    Komentar oleh dede | April 25, 2010 | Balas

  51. tulis , tulis , dan tulis ..

    just do it .. !

    Komentar oleh wira arya | April 27, 2010 | Balas

  52. semangat buat semuanya..
    moga blognya menang yah .

    Komentar oleh winda | April 28, 2010 | Balas

    • amind… makasi yah doanya winda 😀

      Komentar oleh programatujuh | Mei 11, 2010 | Balas

  53. hmnnn..
    teruslah menulis kawand..

    Komentar oleh yudha | April 28, 2010 | Balas

  54. semangat ya buat programa 7 . semoga blognya menang ;D

    Komentar oleh wahyu | April 29, 2010 | Balas

  55. dengan tulisan ini, saya menjadi lebih bersemangat untuk terus menggali potensi saya , terimakasih..

    Komentar oleh daniel | Mei 2, 2010 | Balas

    • iya, teruslah menulis, sehingga tulisan anda akan lebih baik.. 😀

      Komentar oleh programatujuh | Mei 3, 2010 | Balas

  56. anak SMA jaman sekarang sangat kreatif, membuat blog untuk menumbuhkan minat menulisnya .. saya jadi terinspirasi nih. terimakasih.

    Komentar oleh bambang | Mei 3, 2010 | Balas

    • tentu donk, kan harus berimbang dengan perkembangan jaman.. hehe..

      Komentar oleh programatujuh | Mei 3, 2010 | Balas

  57. makin kreatif aja nih anak sisma..
    semangat yah,
    saya cuma bisa kasi doa dan dukungan saja .

    Komentar oleh johan | Mei 6, 2010 | Balas

    • iya,, makasi udh berkunjung dan berkomentar + doa lg ,, hehe

      Komentar oleh programatujuh | Mei 11, 2010 | Balas

  58. tulisan yang bagus ..

    salam kenalll . . .

    Komentar oleh saatria | Mei 9, 2010 | Balas

    • makasi2..

      salam kenal juga , thx udh mampir yah..

      Komentar oleh programatujuh | Mei 10, 2010 | Balas

  59. ayo menulis !!

    Komentar oleh novan | Mei 11, 2010 | Balas

  60. seru sekali yah kyknya,
    jadi pengen menulis nih.. hehe 😀

    Komentar oleh deddy | Mei 13, 2010 | Balas

    • makanya AYO MENULIS !! 😀 coba aja , karena menulis itu butuh keberanian 😀

      Komentar oleh programatujuh | Mei 13, 2010 | Balas

  61. semangat buat selalu menulis yah, ciptakan selalu karya2 yang dapat menginspirasi orang banyak , thx .

    Komentar oleh aris | Mei 13, 2010 | Balas

  62. dd pengen nulis nih, ajarin donk kk .. hehe

    Komentar oleh koala | Mei 14, 2010 | Balas

    • boleh2..

      menulis itu butuh keberanian,, mulailah menulis dgn apa yg km suka ..

      Komentar oleh programatujuh | Mei 15, 2010 | Balas

  63. saatnya jurnalis bali berkaya ..!

    Komentar oleh gusde | Mei 14, 2010 | Balas

    • baiklah , ayo tulis yang anda kerjakan dan kerjakan yang anda tulis .. 😀

      Komentar oleh programatujuh | Mei 15, 2010 | Balas

  64. menulis itu mudah,
    asalkan kita ada keinginan dan niat untuk maju.
    ayo menulis…

    Komentar oleh wira | Mei 15, 2010 | Balas

    • ok deh. makasi atas kunjungan dan komentarnya wira .

      Komentar oleh programatujuh | Mei 15, 2010 | Balas

  65. Halo.. klo ada yang mau belajar menulis bisa gabung di http://www.facebook.com/#!/event.php?eid=117459481614760

    Selamat menulis dan mari berbagi…

    Komentar oleh gustulank | Mei 16, 2010 | Balas

    • ok bli, saya mau ikud.. hehehe..
      itung2 nambah pengalaman..

      Komentar oleh programatujuh | Mei 16, 2010 | Balas

  66. setelah saya membaca tulisan anda, saya lalu berpikir untuk mulai menulis tentang apa yang saya sukai, “AYO MENULIS !!”

    Komentar oleh edi | Mei 16, 2010 | Balas

    • owh, bagus itu , tulis aja apa yang ada dipikiran anda .. 😀

      Komentar oleh programatujuh | Mei 17, 2010 | Balas

  67. tulisan yang bagus teman , terus berkarya..

    Komentar oleh dhea | Mei 17, 2010 | Balas

    • tentu itu , menulis adalah kebutuhan pokok saya .. hehe 😀

      Komentar oleh programatujuh | Mei 17, 2010 | Balas

  68. menulis itu nikmat, jika kita dapat merasakannya . .

    Komentar oleh eka | Mei 18, 2010 | Balas

    • iya, nikmat bgt, apalagi klo menulis sesuai dengan kesukaan kita , tambah nikmat lagi deh , haha 😀

      Komentar oleh programatujuh | Mei 18, 2010 | Balas

  69. nice posting bro

    salam knal yah.. 😀

    Komentar oleh permata | Mei 18, 2010 | Balas

  70. tetap semangat untuk produktif menulis!

    Komentar oleh firman | Mei 19, 2010 | Balas

    • yupz.. tp kadang2 saya bingung mau nulis apaan , alhasil copas punya orang deh , hehehe .. 😀

      Komentar oleh programatujuh | Mei 21, 2010 | Balas

  71. mau tanya nih, saya slalu bingung dalam memulai sebuah tulisan ..
    mohon bimbingannya yah .. 😀
    thx b4.

    Komentar oleh wilma | Mei 19, 2010 | Balas

    • saya juga bgtu, bingung mw mulai dari mana , saran saya sih tulis dari sisi menariknya .. oke ?

      Komentar oleh programatujuh | Mei 21, 2010 | Balas

  72. menulis itu memang suatu kebebasan untuk mengekspresikan jiwa kita,,..

    hehe..

    salam bonex mania indonesia…

    Komentar oleh bonex mania | Mei 20, 2010 | Balas

    • ekspresikan aksimu.. heehee..

      wah , anda bonex mania yah ..

      Komentar oleh programatujuh | Mei 21, 2010 | Balas

  73. nggih2,,
    menulis iu memang suatu kebebasan..

    Komentar oleh teuku baglong | Mei 20, 2010 | Balas

  74. bingung mau meng-kritik yg mana. saya kasi dukungan aja deh ..
    semangat yah ..

    Komentar oleh gandhi | Mei 20, 2010 | Balas

    • yupz… semangat … jangan pernah menyerah hingga detik akhir..

      Komentar oleh programatujuh | Mei 21, 2010 | Balas

  75. Membaca dan menulis adalah perpaduan yang tak dapat dipisahkan.

    Komentar oleh indah | Mei 21, 2010 | Balas

    • betul , betul , betul ..

      orang yang pinter nulis , pasti banyak membaca tulisan-tulisan yang bagus .. hehe 😀

      Komentar oleh programatujuh | Mei 21, 2010 | Balas

  76. ayooo,n mari terus berkarya….

    Komentar oleh ian | Mei 21, 2010 | Balas

    • sipp.. ayo kobarkan semangat jurnalistik .. !!

      Komentar oleh programatujuh | Mei 24, 2010 | Balas

  77. sangat bermamfaat !

    keep writing guys.. ^^

    Komentar oleh made | Mei 22, 2010 | Balas

    • thx 4 your comment guys .. keep stay here .. ^^

      Komentar oleh programatujuh | Mei 28, 2010 | Balas

  78. menulis adalah pekerjaan yang paling mudah,, benarkah itu ?

    Komentar oleh ihsan | Mei 24, 2010 | Balas

    • benar, karena menulis itu adalah suatu kebiasaan, bkn karena bakat .. 😀

      Komentar oleh programatujuh | Mei 28, 2010 | Balas

  79. kapan pengumuman lomba blognya kak ?

    Komentar oleh mirah | Mei 24, 2010 | Balas

  80. perlu dicoba nih resep2nya . hehe 😀

    Komentar oleh dwi | Mei 25, 2010 | Balas

    • setuju , coba aja , siapa tau manjur ,, hihihihi..

      Komentar oleh programatujuh | Mei 28, 2010 | Balas

  81. simpel, jelas, dan mudah dipahami oleh pembacanya ..

    tidak ada kritik ..

    Komentar oleh wede | Mei 27, 2010 | Balas

  82. selamat menulis kawan, jadikan lah menulis itu kebutuhan pokok yang harus kita penuhi ..

    Komentar oleh ngurah | Mei 29, 2010 | Balas

    • iya.. bentar lagi akan saya upload tulisan2 terbaru, ditunggu yah .. 😀

      Komentar oleh programatujuh | Mei 31, 2010 | Balas

  83. lanjutkan bung . mari kita menulis dengan hati .

    Komentar oleh karno | Mei 31, 2010 | Balas

  84. saya pengen cepet bisa menulis , tp menulis itu adalah kebiasaan , jd tunggu waktu aja deh . hehe

    Komentar oleh wina | Juni 1, 2010 | Balas

  85. teruslah berkarya , kobarkan semangat jurnalisme anda .

    Komentar oleh anggara | Juni 2, 2010 | Balas

  86. mari kita menulis dan berbagi informasi dengan orang banyak , semangat ..

    Komentar oleh marijan | Juni 22, 2010 | Balas

  87. teruslah berkarya, karena tulisan yang anda buat merupakan informasi bagi banyak orang.. \m/

    Komentar oleh agung | Juni 22, 2010 | Balas

  88. […] I: Mekar Crew (SMA 1 Singaraja, Buleleng) Juara II: IB Yudha Surya Pradipta (SMA 7 Denpasar) Juara III: Sukrawan Madi (Jurusan Kimia FMIPA […]

    Ping balik oleh Inilah Juara Lomba Blog se-Bali | Rumah Tulisan | Juni 24, 2010 | Balas

  89. […] I: Mekar Crew (SMA 1 Singaraja, Buleleng)Juara II: IB Yudha Surya Pradipta (SMA 7 Denpasar)Juara III: Sukrawan Madi (Jurusan Kimia FMIPA […]

    Ping balik oleh Inilah Juara Lomba Blog se-Bali « Bale Bengong | Juni 24, 2010 | Balas

  90. selamat udah menang lomba blog ya..
    semoga programa7 terus berkembang, kearah yang lebih baik tentu saja.
    banyak jebolan programa 7 yang sukses dalam bidang tulis menulis.
    salam,
    Nyoman
    *mantan SISMA juga… 🙂

    Komentar oleh nyoman baliun | Juni 25, 2010 | Balas

    • terima kasih bli, smoga kdepannya ada lomba blog yg sprti ini, ^^V

      Komentar oleh programatujuh | Juni 25, 2010 | Balas

  91. selamat sudah menjadi salah satu pemenang. sukses!

    Komentar oleh wisata bali | Maret 22, 2011 | Balas

    • iya, terimakasih ya.
      semoga anda sukses juga.

      Komentar oleh programa tujuh | Desember 5, 2011 | Balas

  92. salam kenal ya… ditunggu kunjungan & gabung’nya… 🙂

    Komentar oleh aYo Share | Juli 25, 2011 | Balas

    • iyaa, salam kenal juga yah.
      makasi udah berkunjung kesini 😀

      Komentar oleh programa tujuh | Desember 5, 2011 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: